Jorge Lorenzo Kesulitan Dengan Honda Di Musim Pertama, 8 November 2019

Tahun 2019 ditutup dengan hasil buruk untuk Jorge Lorenzo. Sejak Lorenzo bergabung dengan Team Repsol Honda belum ada hasil yang maksimal diperolehnya. Padahal ini adalah tahun pertamanya bergabung dengan pabrikan Jepang. Rider asal Spanyol bergabung dengan Honda menggantikan Dani Pedrosa, setelah menjalani dua musim bersama Ducati.

Jorge Lorenzo Didera Cidera Beruntun

Jorge Lorenzo Mengalami Kecelakan
Jorge Lorenzo Mengalami Kecelakan

Sepanjang musim MotoGP 2019, ia cukup kesulitan mengendarai motor RC213V, serta diperparah dengan berbagai masalah yang dialaminya. Diantaranya Menjelang musim dimulai, Lorenzo mengalami cedera retak pergelangan tangan karena teledor saat berlatih dengan motokros. Lorenzo juga mengalami retak tulang belakang saat sesi latihan bebas pertama di Assen, hingga absen dalam empat race untuk pemulihan.

Ia kembali menggeber motornya lagi di MotoGP Inggris, namun performanya semakin menurun walau secara fisik sudah kembali pulih secara perlahan. “Tahun ini sangat sulit untuk pebalap seperti saya yang biasanya balapan di level teratas MotoGP dan berjuang meraih kemenangan,” kata Lorenzo dikutip dari Speedweek.

“Kenyataannya di musim pertama bersama Honda, saya tidak pernah dalam kondisi baik 100% sejak awal. Mulai dari cedera pergelangan tangan di pramusim, lalu crash di Doha, dan terutama cedera yang saya dapatkan di Assen, masalah yang paling membuat saya menderita sepanjang karier ini,” ungkap rider berusia 32 tahun itu.

Persaingan Dengan Marc Marquez

Bukan jaminan bila pindah di pabrikan yang besar akan mendapatkan prospek yang lebih baik. Pindah ke Repsol Honda berarti pindah ke tempat yang harus tahan dengan tekanan dan lainnya. Beberapa waktu yang lalu, Para Legenda balap motor dari Honda dikumpulkan oleh Repsol di Europa Press Breakfast, dalam acara peringatan ulang tahun ke 50-nya mereka di dunia olahraga, termasuk salah satunya adalah Jorge ‘Aspar’ Martínez.

Dua Bintang Repsol Honda: Jorge Lorenzo dan Marc Marquez
Dua Bintang Repsol Honda: Jorge Lorenzo dan Marc Marquez

Baca Juga: Afridza Munandar, Pembalap Muda Indonesia Meninggal di Sepang

Sekarang, Repsol Honda tengah memanen kesuksesan besar bersama rider andalan mereka, Marc Marquez. Tapi salah satu pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo saat ini tengah kesulitan, jauh dibelakang. Sebenarnya apa yang salah dengan Lorenzo?

“Pertama, bahwa dia telah menemukan banteng yang sangat besar (Marquez) sebagai mitranya, dan kedua bahwa dia punya gaya balap yang sangat berbeda ketimbang Marquez, jauh lebih halus, dan masih beradaptasi dengan Honda.

Sayangnya, ketika dia mulai membaik, setelah itu dia jatuh dan cedera,” kata Martínez memberikan pendapatnya tentang kondisi sulit Lorenzo saat ini, sebagaimana dimuat AS. Gap Loerenzo di tiap balapannya masih tertinggal jauh dari Marquez.

“Saya melihat sulit baginya untuk menang tahun depan, hal pertama yang harus dia coba adalah menikmati motor ini lagi, yang saat ini tidak dia lakukan, cobalah untuk berada di lima besar, berjuang untuk podium dan kemudian, dari sana, pikirkan tentang menang,” sambung pria Spanyol itu.

Musim 2019 ini menjadi salah satu musim terburuk Lorenzo di MotoGP, debutnya dengan Repsol Honda benar-benar tak sesuai harapan.

Tahun depan menurut Martínez ia masih akan kesulitan untuk bisa memenangkan balapan.

Mau Maen Game Online dengan Deposit Murah? Klik Disini ya?

Optimisme Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo Optimis dengan Repsol Honda
Jorge Lorenzo Optimis dengan Repsol Honda

MotoGP 2019 tinggal menyisakan satu seri lagi. MotoGP Valencia akan dipentaskan pada 17 November. Lorenzo sudah merasa lebih baik.

“Sekarang saya merasa jauh lebih baik, meski sejujurnya saya mengharapkan pemulihan yang lebih cepat. Yang sebenarnya terjadi adalah saya merasakan sedikit peningkatan setiap minggu, tetapi itu berjalan lambat,” ujar Lorenzo.

“Saya percaya bahwa dalam beberapa hari ke depan saya dapat berlatih keras untuk menyambut seri Valencia. Kemudian saya perlu beristirahat, ya sekitar sebulan atau satu setengah bulan tanpa balapan, hingga saya dapat pulih sepenuhnya untuk ajang MotoGP musim depan,” ungkapnya.

Lorenzo sendiri saat ini terikat kontrak dengan Repsol Honda sampai akhir 2020 mendatang, tapi seiring berjalannya waktu hasil Lorenzo sangat mengecewakan, ditambah ada banyak cedera yang ia alami di awal tahun.

Jadi, masa depan Lorenzo di Honda setelah 2020 nanti mungkin agak sulit, mengantisipasi hal itu, sekarang Lorenzo diyakini sedang mempersiapkan diri untuk menjajaki beberapa kemungkinan dengan tim lain.

Baca Juga: Chelsea Vs Ajax Amsterdam, Siapa Yang Paling Tangguh?

Related Articles