Lagi, Team Futsal Indonesia Gagal Juarai AFF Championship 2019

Indonesia mengubur mimpi menjadi juara di AFF Futsal Championship 2019. Tim Merah-Putih takluk dari juara bertahan Thailand 0-5. Pertandingan final AFF Futsal Championship 2019 mempertemukan Indonesia vs Thailand. Laga ini digelar di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Minggu (27/10/2019) sore WIB.

Tim Futsal Thailand Bermain Taktis

Di babak pertama, Indonesia harus kebobolan dua gol dari Thailand. Muhammad Osaman Musa membuka keunggulan Tim Gajah Putih di menit ke-10 dan mengubah skor menjadi 1-0. Enam menit berselang, Thailand kembali menambah angka via titik putih. Suphawut Thueanklang yang menjadi algojo berhasil merobek gawang Indonesia, sekaligus memperlebar skor menjadi 2-0.

Tidak ada tambahan gol tercipta di babak pertama. Skor 2-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga turun minum.

Baca Juga: Apakah Manchester United Tim Besar atau Medioker? Norwich City Jadi Pembuktiannya 

Di babak kedua, skuat asuhan Kensuke Takahashi gencar melakukan serangan untuk memperkecil ketertinggalan. tetapi, ketangguhan kiper Kanison Phoopun membuat gawang Thailand gagal dibobol pemain Indonesia. Thailand kembali keunggulan di menit ke-26 melalui gol Warut Wangsama-Aeo, seusai melakukan umpan satu dua dengan Ronnachai Jungwongsuk. Timnas tertinggal 0-3.

Kritsada Wongkaeo mencetak gol keempat Thailand di menit ke-35. Ia kembali mencetak gol semenit usai laga berakhir, dan membuat Indonesia tertinggal 0-5. Tidak ada tambahan gol yang terjadi di sisa pertandingan. Thailand menang 5-0 dan menjadi juara AFF Futsal Championship 2019.

Kemenangan ini membuat Thailand berhasil mempertahankan gelar juaranya di ajang AFF Futsal Championship, sekaligus menjadi gelar ke-15 di kompetisi ini. Sementara buat Indonesia, ini menjadi kekalahan ketiga di final, setelah tahun 2006 dan 2008 juga takluk dari Tim Gajah Putih.

Apa sih SKWLIVE? Klik sini ya Klo Mau tau lebih lanjut dan ada bonusnya loh?

Team Futsal Indonesia
Team Futsal Indonesia Raih Medali Perak

 

Timnas Futsal: Kami Terus Belajar

Pelatih tim nasional futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, meminta para pemainnya untuk belajar dari laga final Piala AFF Futsal 2019. Pada laga final Piala AFF Futsal 2019 yang berlangsung di Phu Tho Indoor Stadium, Ho Chi Minh City, Vietnam, pada Minggu (27/10/2019), Indonesia kalah 0-5 dari Thailand. Ada beberapa kesalahan yang memang dilakukan pemain Indonesia pada pertandingan tersebut.

“Thailand bisa memanfaatkan kesalahan kami. Ini jadi pelajaran agar para pemain belajar dari kesalahan kecil untuk diperbaiki,” ujar Kensuke Takahashi usai laga.

“Saya rasa para pemain sudah mulai paham. Tanpa dibilang mereka error, para pemain paham sendiri. Saya rasa kalau kami berlatih dengan baik dan terus menerus, bisa diperbaiki.”

Pada laga final kemarin, Takahashi menyebut performa timnas futsal Indonesia tak terlalu buruk. Saat babak kedua, para pemain Indonesia dinilai sudah bermain cukup bagus, hanya saja gagal memanfaatkan peluang.

“Kami tidak bisa cetak gol karena mungkin stamina terkuras. Ada ketimpangan kondisi fisik, sedangkan Thailand masih bugar,” ucap Takahashi. Dalam kesempatan itu, Takahashi juga menyoroti kinerja wasit pada laga final Piala AFF Futsal 2019. Ia menilai ada beberapa momen di mana para pemain Thailand lebih diuntungkan. “Kalau mau jujur, sebelum second penalty Thailand, seharusnya kami mendapatkan foul. Sejak itu, alur permainan berubah.”

Timnas Futsal Terus Belajar
Timnas Futsal Selalu Belajar

 

Timnas Futsal Indonesia Tuai Hasil Positif

Meskipun menelan kekalahan di laga pamungkas, team futsal Indonesia masih menuai hasil postif dari turnamen ini. Peringkat Indonesia dipastikan meroket ke 50 besar. Lebih tepatnya berada di peringkat 47 dunia. Hasil ini cukup membanggakan, pasalnya sebelum turnamen dimulai Indonesia nangkring di peringkat 56. Selain itu tim merah putih berhasil menyalip dua raksasa sepak bola dunia Inggris dan Jerman yang berada di peringkat 54 dan 58.

Sejak laga berlangsung, Indonesia selalu menghasilkan aura kemenangan sejak laga pertama fase group. Dimulai dengan menaklukkan Malaysia 3-2, kemudian menahan imbang tuan rumah Vietnam dengan 0-0, dan menutup laga akhir fase group dengan menghantam Australia 8-3 di laga fase grup. Indonesia keluar sebagai juara group.

Berlaga di Semifinal, Indonesia bertemu tim kuat Asia Tenggara lainnya yaitu Myanmar. Duel sengit terjadi di laga ini,

Timnas Futsal
Timnas Futsal Raih Kemenangan atas Myanmar

 

Baca Juga: Rumor Transfer Inter Negosiasi Dengan Barcelona Untuk Rakitic

Mau dapetin bonus cuma-cuma? Klik link ini ya

Related Articles